Ilustrasi Bondek Untuk Atap

Beberapa Kekurangan Material Bondek Yang Wajib Anda Ketahui

Saat ini membangun sebuah konstruksi khususnya untuk bangunan dengan sistem dua lantai kebanyakan sudah menggunakan bondek untuk atap. Bondek memang dipercaya kaya akan kelebihan yang dimilikinya seperti menghemat anggaran. Namun ternyata bondek juga memiliki beberapa kekurangannya. Nah agar Anda semakin tahu lebih dalam tentang kekurangan bondek, ini dia penjelasannya.

Tidak bisa diaplikasikan pada bagian tepi

Tak bisa dipungkiri jika bondek untuk atap memang memberikan banyak kelebihan. Selain itu bondek juga tak hanya digunakan untuk menjadi penguat pelat lantai yang dibuat. Namun dari sekian banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh bondek.

Siapa sangka jika bondek juga memiliki kekurangan di dalamnya. Salah satunya adalah material bondek tidak bisa diaplikasikan pada bagian tepi bangunan. Artinya material bondek tidak bisa digunakan untuk membuat pelat kantilever. Namun Anda masih bisa membuat pelat kantilever dengan metode konvensional.

Harga tergolong berubah-ubah

Kekurangan yang kedua yang dimiliki oleh material bondek adalah dari segi harga. Harga yang ditawarkan oleh material bondek terbilang cukup fluktuatif. Pasalnya harga dari material bondek bisa berubah tergantung dari harga dari material baja.

Tak heran jika proses penyusunan anggaran belanja pembangunan konstruksi bangunan yang menggunakan material bondek sedikit mendapatkan kesulitan. Namun saat ini sudah banyak website toko yang menjual material bondek. Tentunya hal ini akan menjadi poin tersendiri agar Anda bisa lebih mudah mengetahui perkembangan harga dari bondek.

Diperlukan keterampilan tinggi

Meski bondek memang terkenal untuk pembuatan atap cor. Namun sebenarnya proses penggunaan material bondek terbilang cukup sulit diaplikasikan. Pasalnya pekerja yang bertugas memasang material bondek harus benar-benar memiliki keterampilan yang cukup tinggi agar hasil yang didapatkan bisa rapi dan baik.

Karena material bondek akan mempengaruhi hasil akhir pembuatan beton. Tentunya material bondek harus dipasangkan dengan begitu rapi. Nantinya proses bondek harus dipasang rapi secara merata ke seluruh bagian pelat lantai yang akan dibuat.

Perhitungan harus dilakukan dengan cermat

Dalam pengaplikasian material bondek juga diperlukan sebuah kecermatan dalam perhitungan yang dilakukan agar tidak membengkakkan anggaran yang ada.

Itulah beberapa kekurangan material bondek. Namun perlu diketahui juga jika kekurangan bondek untuk atap bisa tertutupi dengan kelebihan yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.