Ilustrasi Baja Ringan Taso Terbaik

Aneka Jenis Genteng untuk Penutup Rangka Baja Ringan

Baja ringan kini banyak diminati untuk menjadi bahan rangka atap. Hal ini karena keunggulannya, yaitu kuat dan tahan rayap, anti keropos dan tidak mudah berkarat serta cukup ringan bobotnya, memudahkan proses pemasangannya. Sedangkan untuk genteng baja ringan taso terbaik cukup banyak pilihannya, antara sebagai berikut.

Genteng Metal

Genteng metal yang sama-sama ringan sangat cocok di pasang pada kuda-kuda rangka baja ringan taso terbaik, sehingga beban yang dipikul oleh rangka atap menjadi lebih ringan dan tak membebani struktur bangunan di bagian bawahnya. Keunggulan genteng metal adalah tidak mudah berkarat, sebab sudah dilapisi dengan bahan anti karat, dan merupakan hasil teknologi terbaru sehingga tidak akan mudah terbakar serta tidak akan menimbulkan panas, juga terdapat lapisan anti lumut nya.

Atap Spandek

Atap spandek dibuat dari percampuran bahan aluminium dan seng, dengan komposisi rasio 55% aluminium dan 43% seng, lalu sisanya adalah silicon. Hingga terbentuk atap spandek yang bersifat kokoh, kuat, dan awet, serta ringan, dan anti pecah, juga tahan karat atau korosi

Genteng Polycarbonate

Genteng ini bentuknya datar dengan aneka pilihan variasi warna. Terdapat dua macam genteng polycarbonate, yakni polycarbonate berongga serta polycarbonate bergelombang tanpa rongga. Genteng polycarbonate bersifat

mampu meredam radiasi matahari serta kedap air. Kelemahan jenis yang berongga adalah rentan terhadap jamur dan agak sulit dibersihkan.

Genteng Onduline dan Onduvilla

Onduline dan Onduvilla merupakan atap  Bitumen, yang terbuat dari asphalt atau bitume dan serat organik selulosa. Sehingga ramah lingkungan, dan serba guna, juga waterproof atau tahan air, dan tahan karat atau korosi. Ideal untuk daerah pesisir pantai dan daerah yang rawan longsor serta gempa, karena bobotnya ringan, dan tidak mudah pecah, kokoh, awet serta mampu meredam suara hujan dan tahan terhadap tekanan angin.

Atap Asbes

Atap asbes bahannya dari semen atau fiber, dengan bentuk lembaran tipis bergelombang kecil dan gelombang besar. Bervariasi ukuran panjang dan tebalnya. Atap asbes menyerap sinar matahari dan sering di gunakan sebagai penutup garasi. Harganya murah, bobotnya ringan, mudah dibersihkan, tahan cuaca, anti rayap.

Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat juga tetap bisa digunakan. Biasanya dibuat secara tradisional, genteng ini berbahan dasar tanah liat yang si cetak lalu dibakar di tungku tradisional. Dengan model cetakan antara lain ada Genteng Kodok dan Genteng Morando serta Genteng Plentong. Keunggulan dari genteng tanah liat adalah harganya yang murah dan relatif terjangkau, kuat, tidak panas dan tidak bising serta cukup awet biss digunakan hingga jangka waktu yang panjang. Perlu dipasang dengan rapat dan saling menumpuk dan saling mengunci agar tidak bocor.

Genteng Keramik

Terdapat berbagai varian genteng keramik. Di tahap akhir pembuatannya  diberi pewarna sebagai bagian lapisan paling atas. Bahan utama pembuatannya adalah keramik. Sehingga bisa menghasilkan warna yang awet dan tampilan yang menarik, juga cukup kuat, meski harganya cukup mahal.

Genteng Beton

Genteng beton meski cukup berat namun bisa juga digunakan. Sifatnya tahan angin, dan kuat.

Itulah beberapa pilihan genteng pada rangka baja ringan taso terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.