Ilustrasi Pabrik Baja Ringan

Yuk Mengenal Lebih Dekat Tentang Material Penyusun Baja Ringan dan Apa yang Membuatnya Kuat

Mengenal konstruksi baja ringan mungkin sering anda dengar, apalagi bagi anda yang berkontribusi pada dunia konstruksi bangunan. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan baja ringan pada beberapa aplikasi bangunan tanpa mengetahui apa material yang menjadikannya kuat. Yuk simak material penyusun pabrik baja ringan yang menjadikannya super kuat.

Material Dasar Baja Ringan

Berbicara mengenai baja ringan, tentunya hal yang terlintas adalah kata “baja.” Banyak dari kita yang masih bingung bahwa baja itu apa, apakah ia sama dengan besi, dan pertanyaan lainnya. Perlu untuk diketahui bahwa material dasar baja ringan adalah logam carbon steel (CS) yang terdiri dari beberapa unsur logam yang dipadukan.

Beberapa campuran logam yang digunakan adalah material karbon, mangan material silicon, tembaga, aluminium, zinc, dan magnesium. Mengenai persentase perpaduan logamnya tergantung dari masing-masing produsen, ada yang kesemua material diatas digunakan dan ada yang sebagian saja.

Apa Fungsi Bahan Penyusun Baja Ringan Tersebut? 

Produsen pabrik baja ringan tentunya melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membuat baja ringan yang kokoh dan berkualitas. Komposisi paduan logam yang digunakan akan disesuaikan dengan fungsi bahan penyusun baja ringan itu sendiri. Material karbon memiliki sifat yang keras dan getas sedangkan silicon akan meningkatkan elastisitas atau keuletan dari baja ringan itu sendiri.

Sementara itu logam mangan akan membuat baja ringan tahan terhadap gesekan dan tekanan. Beberapa fungsi bahan lain yang utama adalah material yang dapat menahan korosi dengan sangat baik seperti zinc atau galvanis, aluminium, dan logam magnesium. Jadi baja ringan yang baik dan tahan karat tentunya adalah baja ringan yang telah dilapisi dengan logam tersebut.

Apakah Baja Ringan Anti Karat?

Berbicara mengenai karat atau korosi, tentunya setiap logam memiliki ketahanan tersendiri terhadap pembentukan karat. Misalnya logam besi yang terkena air dan udara bisa menyebabkan korosi dan membuat besi tersebut berkarat bahkan keropos. Lalu apakah baja ringan anti karat itu benar-benar ada?

Melihat istilah anti karat tentunya tidak seratus persen nyata, dalam artian logam yang anti karat tentunya juga bisa berkarat, akan tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama. Bila untuk penggunaan konstruksi kerangka rumah yang hampir tidak berkontakan dengan air ataupun senyawa asam dan basa tentu saja baja ringan bisa bertahan hingga berpuluh tahun bahkan ratusan tahun.

Oleh karena itu sampai sekarang ini penggunaan baja ringan masih menjadi primadona, karena tidak ditemukan adanya karat selama penggunaan, sehingga dijuluki sebagai pabrik baja ringan anti karat. Apalagi sekarang ini baja ringan sudah dilapisi dengan logam zinc, alumunium, dan magnesium yang membuat baja ringan itu sendiri sangat kuat dan tahan akan korosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.