Ilustrasi kehamilan pada wanita

Mengenal Cara Menghitung Masa Subur dan Aplikasinya

Bagi pasangan suami istri yang mau memiliki momongan, melakukan hubungan seksual ketika masa subur atau ovulasi adalah salah satu hal penting. Jika belum paham kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim supaya bisa cepat hamil, anda bisa memakai aplikasi kalender haid atau masa subur untuk membantu.

Berhubungan seksual dengan teratur dikatakan bisa meningkatkan kesempatan untuk hamil. Walaupun begitu, ada beberapa pasangan yang sampai waktu lama belum juga diberi momongan. Nah bagi anda yang memang ingin segera mempunyai anak, anda baiknya untuk berhubungan intim ketika masa ovulasi.

Cara Menghitung Masa Subur atau Ovulasi

Siklus menstruasi wanita biasanya akan dihitung dari hari pertama ke hari pertama haid berikutnya. Biasanya siklus menstruasi adalah sekitar 28 sampai 32 hari, tapi ada juga yang lebih pendek maupun panjang.

Bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi sekitar 28 sampai 32 secara teratur, masa ovulasinya biasanya terjadi di antara hari ke 11 sampai 21.

Agar anda bisa memastikan apakah menstruasinya teratur atau tidak, anda dianjurkan agar membuat catatan menstruasi setiap bulannya. Saat ovulasi, indung telur serta ovarium biasanya akan melepaskan sel telurnya.

Jika anda dan pasangan anda melakukan hubungan seksual pada waktu-waktu itu, maka sperma bisa membuahi sel telur, lalu akan terjadi kehamilan. Jika sperma bisa bertahan hidup sampai 5 hari di dalam rahim, sel telur hanya bisa bertahan sekitar 12 sampai 2r jam setelah dilepaskan. Dalam setahun, biasanya wanita bisa mengalami menstruasi sampai 12 kali.

Tapi sayangnya, ada beberapa orang yang siklus menstruasinya kurang teratur karena beberapa hal, seperti stress berat, sering olahraga yang berat, berat badan yang berubah drastis, sampai gangguan pada hormon.

Penggunaan Kalkulator Ovulasi

Jika Anda memang masih bingung kapan masa ovulasi akan terjadi, anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi kalender haid atau masa subur yang sudah tersedia di ponsel. Hal ini membantu anda untuk menentukan masa subur pada siklus menstruasi sesuai informasi yang sudah anda masukkan.

Cara ini cukup penting agar anda dapat menentukan kapan waktu yang tepat dan memungkinkan untuk hamil. Selain aplikasi ini, anda juga bisa memakai alat untuk tes masa subur yang dijual di apotik.

Nah, untuk penentuan kapan waktu yabg memungkinkan untuk hamil ini bisa dimulai mengenal bagaimana siklus menstruasi anda. Saat anda mempunyai siklus selama 28 hari, maka anda mempunyai sekitar enam hari yang berpeluang agar bisa hamil. Pada hari-hari inilah pasangan sangat dianjurkan untuk berhubungan seksual.

Aplikasi kalender haid ini hanyalah alat yang bisa memperkirakan kapan tanggal yang tepat untuk anda serta pasangan berhubungan intim supaya kehamilan dapat terjadi. Walaupun begitu, aplikasi kalender masa subur sendiri juga diketahui sudah akurat bagi wanita yang mempunyai menstruasi yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.