Ilustrasi Genteng Metal Pasir

Inilah Jenis Genteng Metal yang Bisa Anda Pilih saat Membangun Rumah

Saat ini, sudah ada banyak sekali pilihan untuk memasang atap atau genteng rumah, jika dulu genteng hanya terbuat dari tanah liat saja, sekarang ada banyak material atau bahan yang digunakan untuk membuat genteng, salah satunya adalah bahan metal. Salah satu jenis genteng metal ialah genteng metal pasir.

Fungsi Atap Bangunan

Setiap bangunan tentunya memiliki atap yang berguna untuk melindungi bangunan dari panas maupun dinginnya cuaca, selain itu, atap juga memiliki fungsi lain yakni sebagai pelengkap fasad rumah. Itulah mengapa atap perlu dibangun dengan baik dan benar, sehingga bangunan terlihat lebih menarik.

Jenis Genteng Metal

Selain bahan untuk membuat genteng yang beragam mulai dari tanah liat, keramik, beton, metal, dan lainnya, ternyata untuk genteng berbahan metal sendiri juga memiliki jenis yang beragam, hal ini dikarenakan setiap jenis genteng terbuat dari material logam dengan komposisi yang berbeda, jenis genteng tersebut diantaranya adalah

  1. Genteng metal tembaga

Material tembaga ini cukup bernilai dan memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan bahan material lainnya, sehingga atap yang terbuat dari bahan material tembaga ini juga memberikan harga yang tinggi.

Oleh karena itu, hanya bangunan tertentu dengan anggaran tinggi saja yang menggunakan genteng dengan material tembaga, tetapi jangan salah, genteng ini juga bisa memperindah atap rumah Anda

  1. Genteng metal galvalume steel

Selanjutnya adalah genteng berbahan metal yang terbuat dari besi baja dan campuran alumunium seng, genteng ini memiliki bentuk lembaran yang sekilas mirip dengan seng dan biasanya digunakan pada bangunan industrial  maupun tempat tinggal yang berada di daerah Eropa.

Agar atap tetap terpasang dengan aman dan tidak geser, Anda perlu menggunakan rangka dan juga sekrup saat memasangnya. Jika genteng dengan material tembaga memiliki harga yang cukup mahal, genteng dengan material galvalume steel ini memiliki harga yang paling murah.

  1. Genteng metal pasir

Selain itu, ada juga inovasi baru yang juga datang dari industri atap logam, yakni penggunaan zincalume dan zinc phospat yang dicampur dengan coraltex. Hal ini membuat genteng jenis ini tidak menghantarkan api dan tidak mudah pecah.

Selain itu, genteng metal pasir ini juga memiliki warna yang bervariasi, karena dilakukan pewarnaan atap menggunakan teknologi semprot.

  1. Genteng metal stainless steel

Genteng ini terbuat dari bahan material ultra-permanen sehingga memberikan proteksi yang maksimal, biasanya digunakan pada bangunan besar seperti pabrik, hotel, dan stadion sepak bola. Oleh karena genteng ini cukup tebal, cocok juga untuk digunakan pada rumah yang berada di wilayah dengan suhu ekstrem.

Itulah beberapa jenis genteng metal yang bisa Anda temukan di pasaran, jadi jangan salah pilih saat akan memasang genteng di atap rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.