ilustrasi mesin espresso

Menikmati Espresso di Rumah Setiap Hari Dengan Traditional Espresso Machine

Buat Anda pecinta minum kopi, adalah suatu kenikmatan tersendiri bila bisa mendapatkan secangkir kopi setiap hari. Wewangian aneka biji kopi, aroma, jenis daerah kopi berasal, sampai bagaimana cara menyajikan minuman kopi yang baik, pasti ingin diketahui banyak oleh para pecinta kopi. Minum kopi yang berasal dari kopi bubuk bungkusan atau kopi tubruk biasa terlalu standar buat para pecinta kopi. Mereka akan selalu mencari sensasi rasa kopi yang baru, salah satunya adalah menikmati minuman espresso. Ini merupakan minuman kopi gaya orang Italia sejak dahulu, dan kini sudah menjadi trend masyarakat dunia, termasuk para penikmat kopi di Indonesia. Sejumlah kafe, kedai kopi, restoran dan perhotelan sudah banyak yang menyajikan espresso sebagai menu handalan. Tak ayal para pecinta kopi akan memburu tempat-tempat peracik espresso untuk mendapatkan rasa yang beragam. Padahal jika memiliki Traditional Espresso Machine atau mesin espresso sendiri di rumah, tentu kita bisa menikmati secangkir espresso tanpa harus bepergian, bukan?

Mengenal Sejarah Espresso dan Ragam Mesinnya

Berbeda dengan penyajian dan cara minum kopi biasa, Espresso merupakan minuman kopi yang diracik dengan mesin khusus yang memadukan ekstrak biji kopi yang sudah disangrai lalu disiram air panas bertekanan tinggi. Espresso berarti minuman cepat (ekspress), yang dalam sejarahnya minuman ini ingin disajikan secara kilat. Hanya dalam prakteknya untuk menikmati secangkir espresso saat itu, mereka harus rela mengantri dan menunggu sang bartender membuat pesanan minumannya. Apalagi saat itu mesin pembuat espresso masih sangat kuno dan klasik, sang bartender harus cekatan meracik biji kopi dan menyajikannya dengan segera. Hingga dalam perjalanannya, mesin espresso dibuat dengan beragam model. Ada yang model klasik, semi klasik, dan ada yang otomatis. Termasuk adanya Traditional Espresso Machine, sebagai mesin pembuat espresso sederhana yang bisa kita miliki di rumah.

Mengapa Harus Memiliki Traditional Espresso Machine di Rumah?

Tentu ini merupakan sebuah mesin pembuat minuman espresso yang diidam-idamkan oleh para penikmat kopi. Dengan bisa menikmati secangkir espresso setiap hari, sensasi rasa dan kelezatan minuman ini akan membuat kita bersemangat dalam beraktivitas. 

         Ada sejumlah alasan utama mengapa harus memiliki Traditional Espresso Machine di rumah, beberapa diantaranya yakni:

  1. Bisa membuat espresso secara mandiri tanpa harus ke kafe dan kedai kopi;
  2. Lebih hemat biaya  untuk menikmati secangkir espresso di rumah;
  3. Bisa meracik dan bereksperimen membuat espresso buatan sendiri;
  4. Harga mesin Traditional Espresso Machine relatif murah, namun bisa membuat minuman espresso yang tak kalah nikmat dari yang di kafe dan kedai kopi.

Nah, jadi buat penikmat espresso sudah seharusnya memiliki sendiri Traditional Espresso Machine. Kenikmatan minuman espresso bisa kita olah sendiri sesuai dengan keinginan. Terpenting, rasa kenikmatan espresso tergantung dari varian biji kopi yang dipilih, dan bagaimana kita mengolahnya menjadi minuman espresso yang sedap. 

ika kita memilih minuman espresso dari biji kopi Robusta, maka rasa espresso akan terasa lebih berani, kuat, ada rasa pahit namun wanginya juga sangat enak. Sedangkan bila espresso dibuat dari biji kopi Arabica, maka minuman kopi yang diolah akan mempunyai rasa manis yang lembut dengan kurang kental. Bila espresso dipadukan dari kedua biji kopi tersebut, tentu akan menciptakan rasa kenikmatan berbeda dari perpaduan dari rasa biji yang kuat dengan yang manis. Semua tergantung kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.