ilustrasi espresso

Langkah Membuat Espresso Dengan Menggunakan Espresso Astoria

Sebuah mesin yang paling banyak direkomendasikan oleh para praktisi di dunia kopi adalah espresso astoria. Mesin buatan Italia ini sudah sangat dikenal oleh barista di berbagai tempat.

Dengan mesin espresso astoria ini, seorang barista dapat membuat segelas espresso dengan kelezatan yang sesuai dengan keinginan, oleh karena hal inilah, espresso astoria menjadi salah satu mesin kopi yang paling banyak direkomendasikan.

Adapun cara untuk membuat espresso dengan menggunakan mesin espresso astoria adalah sebagai berikut

Membersihkan Portafilter

Sebelum anda membuat minuman dengan menggunakan espresso astoria, ada baiknya jika anda membersihkan portafilter yang terdapat pada mesin terlebih dahulu. Hal ini merupakan salh satu bagian penting dari mesin pembuat espresso, dikarenakan air panas akan dengan cepat mengalir menuju ground coffee yang kemudian mengalir menuju portafilter dan masuk ke dalam cup.

Dose Espresso

Dose disini memiliki arti takaran, takaran dari bubuk kopi akan menentukan jumlah espresso yang dibuat. Pada bagian ini, perbandingan antara bubuk kopi dan air juga berkaitan. Dengan menggunakan espresso astoria, anda dapat mengatur jumlah air yang masuk menuju ground coffee atau bubuk kopi, sehingga anda bisa menyajikan espresso yang sesuai keinginan anda.

Distribute Espresso

Distribute espresso merupakan sebuah teknik untuk memastikan bubuk kopi berada di seluruh portafilter. Hal ini dilakukan agar seluruh bubuk kopi akan mendapatkan air dengan kecepatan serta tekanan yang sama rata. Teknik ini dilakukan bertujuan untuk menghindari bubuk kopi yang padat sebelah.

Ketika distribute  tidak dilakukan dengan baik, dan bubuk kopi tidak menyebar secara merata, maka hal tersebut akan menjadikan proses pembuatan espresso menjadi gagal, karena aliran air dari boiler tidak mengenai bubuk kopi dengan kepadatan yang sama.

Tamping Espresso

Pengalaman dari seorang barista sangat diperlukan pada proses ini, karena seorang barista akan menentukan tekanan yang tepat pada bubuk kopi. Semakin kuat tekanan yang diberikan, secara otomatis air panas dari boiler akan semakin lambat saat proses ekstraksi, begitu pula sebaliknya, proses ekstraksi akan semakin cepat ketika tekanan pada bubuk kopi rendah.

Pada mesin espresso astoria, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengatur tekanan, sehingga tekanan yang akan dikeluarkan untuk membuat espresso akan sesuai dengan yang diinginkan.

Ekstraksi

Waktu yang dibutuhkan untuk setiap ekstraksi kopi berbeda-beda. Hal ini tergantung dari takaran kopi yang dibuat oleh barista, biasanya untuk menghasilkan kopi espresso 36 gram membutuhkan waktu ekstraksi selama 30 detik.

Pada bagian ini, anda perlu memastikan bahwa espresso yang anda buat memiliki cairan kuning tua atau biasa disebut dengan krema. Krema sendiri adalah bagian yang paling manis dalam sebuah seduhan espresso, krema biasanya terletak di bagian atas dan berbentuk seperti buih.

Tanpa adanya krema dalam sebuah seduhan espresso, minuman tersebut tidak akan layak disebut sebagai espresso.

Leave a Reply

Your email address will not be published.