genteng ringan dan kuat

Aneka Jenis Genteng Ringan Metal yang Jarang Diketahui

Genteng Metal adalah genteng ringan dan kuat yang terbuat dari bahan logam, jadi bisa ringan dan tidak berat bebannya pada struktur banguunan. Jenis genteng metal banyak jenisnya, berikut ini mungkin belum populer di Indonesia.

Genteng Metal Standing Seam

Bentuknya satu garis lurus yang berjajar serta dapat diterapkan pada seluruh model rumah. Standing seam menggunakan interlock system yakni rangka menyatu dengan gentengnya, sehingga jika terjadi goncangan, maka genteng tidak akan merosot atau bergerak. Genteng ringan dan kuat ini juga tahan karat.

Genteng Metal Bergelombang

Harganya cukup murah dan hemat energi, juga awet.

Genteng Metal Baja

Perpaduan besi dan baja ini dulu digunakan di konstruksi komersial, namun kini mulai digunakan juga pada bangunan tempat tinggal.

Genteng Metal Millenium

Genteng metal millenium mulai banyak disukai karena memiliki warna-warni metalik dan memberi kesan modern futuristik. Jadi saat terkena pancaran sinar matahari, maka warna-warninya akan berkilau dengan indah. Bobotnya ringan dan awet memiliki daya tahan yang kuat, juga warna yang tidak akan mudah menjadi pudar. 75 persen genteng ini terbuat dari stainless steel kelas premium ASTMA 240 yang dapat didaur ulang kembali. Sedangkan pemasangannya menggunakan interlock system.

Genteng Metal Tembaga

Genteng metal tembaga ini yang termahal harganya dan lebih sering digunakan sebagai aksen penghias dinding atau lis pada jendela, serta untuk atap bangunan bersejarah, atau kubah, atau menara gereja. Daya tahannya sangat kuat,  mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun. Bisa berubah warna jadi lebih cantik karena sifat tembaga yang bisa teroksidasi.

Genteng Metal Stainless Steel

Jauh lebih berat dan kuat dibanding alumunium. Cocok untuk bangunan di wilayah dengan cuaca ekstrim, seperti di pesisir yang banyak angin kencang. Hal ini juga karena tahan korosi dan polutan garam. 

Genteng Metal Timah

Terbuat dari bahan timah dan jarang digunakan, karena hanya dibuat berdasarkan permintaan pesanan khusus.

Genteng metal multiroof

Genteng metal multiroof terbuat dari baja berlapis aluminium serta zinc, yakni dua bahan bisa melindungi genteng dari karat. Genteng ini mampu meredam suara bising saat hujan dan tahan lumut atau jamur serta tahan benturan. Permukaanya terlihat sederhana. Dua lapisan genteng yang saling mengunci yang cocok untuk rumah bergaya minimalis. Warnanya juga tidak mudah terkelupas.

Itulah beberapa jenis genteng metal yang cukup ringan dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.