Ilustrasi Atap Polikarbonat Gelombang

Manfaat Atap dan Juga Jenis-Jenis Atap

Berbicara tentang atap, pasti kita telah tau fungsi dan juga filosofinya secara umum. Atap menjadi salah satu instrumen yang sangat penting pada suatu bangaunan. Sesuai dengan filosofi sebuah rumah yaitu untuk berlindung dari panas dan hujan begitu pula fungsi atap polikarbonat gelombang pada aslinya.

Dahulu orang-orang membangun gubuk atau rumah dengan beratapkan dedaunan atau pelepah dedaunan agar terhindar dari terik matahari dan juga hujan. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman bahan yang digunakan untuk atap juga semakin banyak dan juga bervariatif sesuai dengan selera anda. 

Jenis-jenis atap ini diklasifikasikan berdasarkan bahan baku atau pembuatannya, misalnya ada atap seng, atap polikarbonat gelombang, hingga atap genteng yang terbuat dari tanah liat. Berikut beberapa jenis-jenis atap yang bisa anda jadikan referensi bagi atap bangunan anda diantaranya adalah:

  1. Atap dari genteng tanah liat

Salah satu jenis atap yang paling awal serta paling banyak digunakan oleh masyarakat terutama di Indonesia sendiri. Sama dengan namanya, atap jenis ini terbuat dari bahan baku tanah liat yang dibentuk kemudian dijemur di dibawah terik matahari lalu kemudian dibakar pada api dengan suhu tinggi. Atap jenis ini menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya seperti harga yang cukup terjangkau, tahan terhadap cuaca, daya serap terhadap matahari cukup tinggi dan juga tahan lama.

  1. Atap polikarbonat

Atap jenis ini biasa digunakan untuk teras rumah atau sebagai atap penerang di bagian ruangan yang gelap.atap polikarbonat ini sendiri memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yaitu seperti ramah lingkungan karena dapat di daur ulang, kemudian cukup mudah untuk dibentuk dan dipotong, tahan lama dan juga kuat, memiliki tampilan jernih seperti atap kaca, dan juga bisa dibersihkan.

Atap polikarbonat sendiri juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis atap, diantaranya seperti twinlite polycarbonate, solarlite polycarbonate dan juga solite polycarbonate. Harga dari atap polikarbonat gelombang sendiri juga bervariasi tergantung jenis polikarbonat yang digunakan.

  1. Atap Seng

Jenis atap ini merupakan salah satu jenis atap yang juga banyak digunakan, sama dengan namanya atap jenis ini terbuat dari bahan baku yaitu berupa seng. Umumnya atap ini digunakan pada bangunan konstruksi sederhana dan dengan ukuran besar seperti misalnya pabrik dan lain sebagainya.

  1. Atap Asbes

Jenis atap yang satu memiliki ciri-ciri yang cukup identic yaitu bergelombang pada bagian permukaan. Atap jenis asbes sendiri cukup banyak diminati karena harga asbes sendiri relatif cukup murah, memiliki berat yang cukup ringan, dan juga cepat dapat proses pemasangan. Jenis atap asbes juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat anda harus mempertimbangkan ketika memakai atap ini, karena jenis ini memili sifat menyerap panas dan menyimpan panas sehingga dapat menaikkan suhu ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.