ilustrasi genset perkins

Fakta Seputar Genset Perkins

Bicara mengenai genset, pasti Anda juga pernah mendengar istilah genset Perkins. Yaitu salah satu jenis dan tipe genset yang tersedia bagi pengguna genset. Tapi apakah Anda mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya genset tipe Perkins itu, untuk mengetahui jawabannya maka Anda harus mengetahui semua fakta seputar genset tersebut secara lengkap dan jelas dari semua informasi yang ada.

Sejarah Genset Tipe Perkins

Seperti yang Anda ketahui bahwa genset atau generator set adalah sebuah mesin penghasil daya listrik yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang untuk kebutuhan yang berhubungan dengan penggunaan listrik. Sedangkan, untuk genset perkins merupakan sebuah genset yang dibuat dan dihasilkan awalnya oleh Frank Perkins dan Charles Wallace Chapman pada tahun 1897. Lalu kemudian berkembang menjadi perusahaan sendiri yang dibuat oleh Perkins pada tahun 1932, dan Chapman menjadi seorang desainer engineer.

Fakta Seputar Genset Tipe Perkins

Tidak hanya sejarahnya saja, tapi ada beberapa fakta yang perlu diketahui oleh siapapun yang membutuhkan genset perkins ini. Adapun beberapa fakta seputar genset ini adalah:

  1. Kerjasama Founder dan Desainer

Melihat awal mula terbentuknya genset ini yang diprakarsai oleh Frank Perkins sebagai founder hingga terjadi pembentukan perusahaan baru menjadikan sang founder dan Chapman yang diminta menjadi desainernya melakukan kerjasama yang sangat baik. Kerjasama ini menciptakan sebuah hasil yang sangat baik bagi kedua belah pihak maupun perusahaannya. Charles Chapman dijadikan sebagai Direktur teknik oleh Perkin di perusahaannya tersebut. 

  1. Mesin Pertama Bernama Vixen

Setelah diketahui bahwa kerjasama yang dilakukan Perkins dengan desainernya, menjadikan sebuah hasil yang tercipta yaitu mesin pertama yang terbentuk bernama Vixen. Dimana mesin diesel tersebut merupakan perdana dari mesin genset yang sedang dibuatnya.

  1. Inovasi Baru Konsep Pembuatan Diesel

Setelah mesin pertama berhasil diciptakan dan diperkenalkan, ternyata hal tersebut bukan satu-satunya langkah nyata yang sudah membuahkan hasil. Tapi masih ada kelanjutan dengan melakukan sebuah inovasi baru dari produk yang sudah dibuat tersebut. Yaitu, sebuah inovasi baru dari konsep pembuatan diesel generator set Perkins highspeed dimana mesin ini menggunakan bahan bakar bensin.

  1. Permintaan Engine Diesel Didukung Pemerintah

Bukan hanya masalah inovasi dan produk yang sudah dihasilkan Perkins bersama desainernya, tapi fakta yang juga cukup penting adalah permintaan mengenai engine diesel ini pun ternyata sangat didukung oleh Pemerintah setempat. Sehingga, pemasaran akan bisa dijalankan dengan baik.

Beberapa fakta di atas membuktikan bahwa genset perkins ini memang sudah sangat berkualitas, karena sudah melalui perjalanan yang cukup panjang hingga menjadi genset yang seperti sekarang ini. Oleh karena itu, jangan anggap remeh jenis genset ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.