Ilustrasi pembuatan smoothies menggunakan blender

Tips Agar Silent Blender Bisa Awet dan Tahan Lama

Silent blender diketahui telah mempunyai reputasi sebagai blender yang kokoh dan bisa Anda pakai dalam jangka waktu yang lama. Walaupun begitu, hal diatas tidak akan membuat blender itu awet jika Anda tidak melakukan perawatan yang benar. Jika tidak dirawat dengan tepat dan rajin, silent blender yang Anda punyai bisa saja mati total dan tidak dapat dipakai lagi.

Tentu hal diatas akan sangat menyulitkan Anda. Tapi agar hal itu bisa dihindari, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat merawat silent blender agar bisa memakainya dengan waktu yang lama.

Menakar Bahan Makanan dengan Tepat

Agar silent blender yang dimiliki tidak cepat rusak, ada baiknya jika Anda menakar bahan makanan yang dipakai dengan benar. Maksud dari benar itu adalah menyesuaikan bahan makanan dengan volume blender yang dimiliki. Jika takaran makanan yang akan dimasukan tidak benar, mesin blender bisa saja cepat panas saat dipakai dan bahkan bisa cepat rusak.

Menjauhkannya dari Jangkauan Anak-Anak

Kebanyakan dari anak-anak akan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Perasaan tersebut pasti akan membuat mereka tertarik pada suatu hal yang terlihat menarik di mata mereka. Mengingat bentuk dan cara kerja dari silent blender ini bisa saja menarik bagi anak-anak Anda, ada baiknya untuk menjauhkan blender dari jangkauan mereka.

Hal ini karena pemakaiannya yang salah bisa saja terjadi, dan buruknya lagi, bisa saja mereka tidak sengaja menjatuhkan blender yang sedang dipegangnya itu. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan resiko kerusakan dari blender. Karena itulah, ada baiknya Anda menyimpan blender ditempat yang sulit dijangkau anak-anak. Lalu Anda bisa mengajak mereka untuk memakai bersama saat Anda sedang memasak, hal ini juga bisa membiasakan mereka untuk membantu di dapur.

Memperhatikan Waktu Maksimal Penggunaan Blender

Tentunya batas waktu maksimal untuk pemakaian adalah salah satu hal yang harus diperhatikan jika Anda memakai silent blender. Mengingat silent blender menggunakan listrik untuk membantu mesinnya yang bisa saja menjadi panas jika Anda pakai berlebihan. Jadi ada baiknya pemakaian silent blender ini tidak melewati batas waktu pemakaian.

Batas waktu maksimal di tiap merek silent blender juga akan berbeda, jadi ada baiknya Anda memastikan dahulu berapa batas maksimal dari merk blender yang Anda miliki.

Membersihkan Menyeluruh dan Teratur

Agar blender tidak sering meninggalkan bau tidak sedap, ada baiknya jika Anda langsung membersihkan menyeluruh sesaat setelah dipakai. Untuk bisa membersihkan menyeluruh, Anda bisa memakai kain bersih dan membersihkan bagian dalam mesin blender tersebut.

Lalu untuk bagian tabung kaca dari silent blender tersebut, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun cuci piring biasa dan bilaslah dengan air yang mengalir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.