Keuntungan Dan Risiko Yang Dapat Dipertimbangkan Ketika Kredit Mobil Baru

Mempunyai mobil merupakan suatu idaman yang diinginkan oleh banyak orang karena dapat digunakan untuk mengangkut seluruh anggota keluarga ketika ingin bepergian. Mobil merupakan suatu aset mahal, dan merupakan suatu kemewahan karena membutuhkan perjuangan untuk dapat membelinya. Tetapi seiring dengan membaiknya ekonomi di Indonesia juga sangat mempengaruhi meningkatnya pemilik mobil yang juga semakin meningkat. Salah satu pendorong yang  menimbulkan banyak pemilik mobil yaitu dengan adanya kemudahan dalam membeli kredit mobil baru. Meski begitu, anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya dari membeli mobil dengan cara kredit.

Keuntungan membeli mobil dengan kredit

  1. Membeli mobil dengan tujuan produktif juga dapat menambah perputaran modal. Meskipun juga memiliki tujuan kepemilikan pribadi, bagi sebagian orang membeli mobil ini juga menjadi salah satu faktor untuk mendukung kepentingan usahanya. Jika kredit mobil baru yang digunakan untuk perputaran modal, maka anda tidak akan merasa keberatan ketika membayar cicilan tersebut. 
  2. Ada kesan ringan secara psikologis. Hal kedua yaitu ketika membeli secara kredit ada kesan ringan dari segi psikologis. Seperti yang kita tahu bahwa harga mobil itu sendiri memiliki kisaran harga puluhan hingga ratusan juta.
  3. Faktor kecepatan merupakan salah satu alasan. Dengan membeli mobil secara kredit, anda tentu harus memikirkan besaran DP dan angsuran yang harus dibayarkan terhadap cicilan mobil tersebut. Karena bagi sebagian orang, bisa saja keinginan untuk membeli mobil tersebut dapat berubah menjadi keinginan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan membayar DP dan melengkapi persyaratan, anda juga dapat langsung mengendarai mobil tersebut.

Resiko membeli mobil kredit

Adanya keuntungan dari kredit mobil baru tentunya tidak akan dapat lepas dari beberapa risiko yang akan anda tanggung. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini:

  1. Menjadi salah satu faktor beban keuangan tambahan. Membeli suatu barang dengan cara kredit, termasuk mobil juga dapat memberikan beban tersendiri. Meskipun anda sudah dapat memilikinya dan menggunakan mobil tersebut, tetapi jika masih ada proses dan sebelum kredit mobil lunas dan menjadi milik pribadi, anda perlu melunasi kreditnya terlebih dahulu. 
  2. Menambah hutang secara tidak langsung. Dilihat dari sisi ekonomi, keuangan yang sehat yaitu mereka yang bebas dari hutang. Karena dengan memiliki tanggungan cicilan mobil juga termasuk menambah beban utang.
  3. Beban akan semakin besar jika bunga tinggi dan kondisi sosio politik yang tidak stabil. Kondisi kredit ini memiliki keterkaitan dengan kestabilan perbankan dalam negeri. Ketika terjadi sesuatu hal yang muncul dan mengguncang sosial politik, tentu saja hal tersebut juga dapat berdampak ketika anda sedang melakukan kredit mobil baru. Atau simplenya yaitu anda akan mendapatkan kenaikan suku bunga ketika sedang menjalankan kredit mobil.kredit mobil baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.