ilustrasi besi strip

Aneka Jenis Plat Besi Strip

Plat besi strip menjadi salah satu bahan material bangunan dan bisa digunakan untuk banyak hal. Jenisnya pun bermacam-macam. Pada dasarnya bentuknya standar dan bahannya relatif sama namun ragam variasi ukurannya juga banyak.

Apa itu Plat Besi Strip

Yang dinamakan sebagai plat besi strip adalah papan besi dalam ukuran panjang yang berbeda-beda yang siap digunakan untuk banyak hal, seperti bahan baku dalam pembuatan beraneka jenis peralatan dan perlengkapan untuk keperluan industri yakni mulai dari mesin, dan badan kendaraan alat transportasi, serta banyak pula dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan keperluan berbagai perlengkapan rumah tangga, seperti panci, kompor dan lain sebagainya. Lalu juga digunakan sebagai pagar, teralis, bahan penyambung konstruksi profil, dan bahan material penyokong penguat jalan yang akan dilalui oleh berbagai alat berat pada suatu lokasi proyek yang pada umumnya kontur tanahnya tidak stabil. Kemudian untuk bahan pembuatan tangki, serta stamping dan lain sebagainya, masih banyak lagi.

Aneka Jenis Plat Besi Strip

Di pasaran bisa dengan mudah dijumpai plat besi strip dengan ukuran panjang 240 cm dan lebar 120 cm hanya saja tingkat ketebalannya beragam, yakni mulai dari 0,7 mm hingga 15 mm dan bisa dipesan sesuai kebutuhan. Ukurannya memang bervariasi, dan bisa dipesan jika belum tersedia barang ready stock nya. Tingkat ketebalan plat besi strip yang dapat dipesan antara lain mulai dari ukuran tebal 2 mm hingga 60 mm. Bahan material dengan bentuk kotak dan gepeng ini sangat banyak variasi ukurannya. Besi termasuk ke dalam kategori baja karbon rendah, dengan ukuran standar lebar kurang dari 600 mm dan dengan panjang bervariasi mulai dari 2 meter hingga 6 meter, dan tingkat toleransi mulai 0.2 mm sampai 0.3 mm. Perhatikan kualitasnya saat membeli.

Karakteristik Plat Besi Strip

Karakteristiknya antara lain ialah sebagai berikut.

Fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dengan penggunaan yang cukup luas, bisa dipergunakan pada berbagai bidang industri berat sampai industri rumah tangga, industri otomotif hingga bidang konstruksi dan lain sebagainya.

Kuat dan tahan korosi, awet.

Mudah ditekuk dengan las.

Dijual dalam bentuk yang memudahkan aplikasi.

Bisa didaur ulang jika sudah tidak akan digunakan lagi, dapat dibuat menjadi bentuk lain.

Tingkat wasting materialnya rendah karena ukurannya tepat dan bisa dihitung jumlah kebutuhannya dengan secara mudah dan tepat.

Mudah didapatkan pada berbagai distributor penjual plat besi strip di berbagai kota. Telah tersedia dalam ukuran panjang dan lebar serta tebal tertentu secara standar, namun bisa juga dipesan jika menghendaki ukuran panjang, lebar dan tingkat ketebalan yang lain.

Itulah aneka jenis plat besi strip itu. Pilih yang sesuai dengan kebutuhannya dan perhatikan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.