Ilustrasi ecommerce enabler

Mengenal Lebih Dekat E-Commerce Enabler yang Berperan Memajukan Bisnis Online

Apa itu e-commerce enabler? Istilah tersebut mungkin masih awam bagi orang Indonesia karena merupakan model bisnis yang masih terbilang baru. Meskipun demikian, e-commerce enabler memiliki peran yang penting dan signifikan dalam perkembangan bisnis di dunia digital.

Mengenal E-Commerce Enabler

E-commerce enabler adalah sebuah perusahaan yang memberikan solusi bagi perusahaan atau brand untuk menunjang pemasaran secara digital di e-commerce. Layanan yang diberikan perusahaan ini meliputi semua hal yang menunjang bisnis online. Mulai dari konsultasi, pemasaran, pengelolaan toko, pelayanan kepada pelanggan, hingga inventaris.

Keberadaan e-commerce enabler semakin populer di Indonesia untuk menyesuaikan kebutuhan dan kebiasaan masyarakatnya. Cara tradisional yang dilakukan masyarakat untuk berbelanja adalah mengunjungi gerai atau toko secara langsung. Hal tersebut mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dengan kecenderungan masyarakat untuk berbelanja online.

Kemudahan dan kepraktisan berbelanja secara online membuat masyarakat lebih menyukainya terlebih bagi yang sibuk dengan pekerjaan. Hal inilah yang mempengaruhi semakin banyak perusahaan besar maupun toko kecil menjual produk secara online. Persaingan pun muncul dari seluruh Indonesia bahkan dunia untuk menarik pembeli. 

Di sinilah e-commerce enabler memberikan peran yang penting untuk toko online di e-commerce. Selain memberikan layanan dari A hingga Z untuk penjualan di e-commerce, e-commerce enabler juga memastikan penjualan lebih optimal. Maka tidak heran jika perusahaan besar bersaing di marketplace menggunakan jasa dari e-commerce enabler. 

Peran E-Commerce Enabler

Setidaknya perusahaan e-commerce enabler memiliki peran penting seperti di bawah ini.

  1. Mengelola Toko

E-commerce enabler akan membuat dan mengelola semua hal di toko pada marketplace dengan efektif dan efisien serta secara real time. Selain itu, e-commerce enabler membantu menjaga hak cipta dan negosiasi dengan platform. Dengan demikian, penjualan produk akan meningkat dan memberikan citra bisnis yang baik.

  1. Memberikan Layanan Customer Service

Pengalaman berbelanja dari pelanggan merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi performa bisnis. E-commerce enabler akan berperan sebagai customer service dengan pelayanan dan sikap yang baik. Mulai dari pertanyaan, kritik, dan saran akan dijawab dengan baik tanpa mengurangi citra bisnis. 

  1. Menjamin Pesanan Sampai ke Pembeli

E-commerce enabler akan memastikan pesanan sampai ke tangan pelanggan dengan keadaan baik dan tepat waktu. E-commerce enable juga akan mampu melakukan penanganan dan pengiriman pesanan sesuai dengan ketentuan masing-masing platform.

  1. Menyediakan Laporan Penjualan

Secara berkala e-commerce enabler akan memberikan laporan untuk perusahaan tentang penjualan, performa toko, persaingan, dan lain-lain. Dalam laporan biasanya juga disertai analisis dan rekomendasi untuk memperbaiki toko agar performa dapat meningkat.

  1. Memberikan Layanan Pemasaran Digital

Iklan menjadi hal yang penting untuk meningkatkan penjualan termasuk untuk toko pada e-commerce. E-commerce enabler memiliki layanan pemasaran digital dengan tenaga yang sudah ahli. Iklan digital tersebut sudah dipertimbangkan agar sesuai dengan sasaran.

SIRCLO Commerce menjadi salah satu e-commerce enabler yang memiliki reputasi di kalangan pelaku bisnis. SIRCLO merupakan perusahaan terdepan yang memiliki fokus untuk memajukan brand di Indonesia. SIRCLO memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang ekosistem e-commerce di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.